Petualangan Budaya: Bapak, Ibu Guru, dan Staff SMKN 1 Menjelajahi Keindahan Jogja

Pada Jumat, 12 Januari 2024, para guru dan staf SMKN 1 memulai petualangan budaya yang tak terlupakan di Jogja. Rombongan ini tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga memperdalam pengetahuan akan sejarah dan budaya daerah.

Petualangan dimulai pada sore hari dengan mengunjungi Heha Ocean View, destinasi wisata yang menawarkan pemandangan spektakuler dari ketinggian. Para peserta terpesona oleh keindahan matahari terbenam yang memperindah samudra luas. Suasana tenang dan udara segar membuat momen ini menjadi awal yang sempurna untuk petualangan mereka.

Setelah menikmati pemandangan yang menakjubkan, rombongan melanjutkan perjalanan ke malam hari dengan makan malam di RM. Mbok Sum, restoran yang terkenal dengan hidangan khas Jawa yang lezat. Para peserta menikmati sajian khas seperti gudeg, ayam penyet, dan sate ayam yang menggugah selera.

Setelah makan malam yang memuaskan, rombongan menuju hotel mewah di Malioboro untuk istirahat dan bersiap-siap mengisi hari Sabtu dengan petualangan baru.

Hari Sabtu dimulai dengan petualangan mendebarkan di Lava Tour Jeep Merapi. Para peserta menikmati sensasi berkendara jeep melintasi lahar vulkanik sambil menyaksikan keindahan alam sekitar. Pengalaman ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan wawasan tentang aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang menakjubkan.

Setelah petualangan di Gunung Merapi, rombongan melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan, sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Mereka terpesona oleh arsitektur megah candi-candi yang menjadi saksi sejarah kejayaan kerajaan Mataram Kuno. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk memahami lebih dalam tentang kebudayaan dan kepercayaan masyarakat Jawa kuno.

Hari Minggu dimulai dengan kunjungan ke Istana Kepresidenan Yogyakarta, atau yang lebih dikenal sebagai Heritage Palace. Para peserta diajak untuk menjelajahi bangunan bersejarah ini yang menjadi pusat kegiatan kebudayaan dan politik di Yogyakarta. Mereka dapat melihat koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah daerah.

Petualangan terakhir adalah kunjungan ke Pasar Klewer, pasar tradisional yang terkenal dengan batiknya. Para peserta dapat mengamati proses pembuatan batik secara langsung dan membeli beragam produk batik sebagai oleh-oleh.

Dengan petualangan yang mengesankan ini, para guru dan staf SMKN 1 tidak hanya meningkatkan pengetahuan mereka tentang budaya dan sejarah daerah, tetapi juga mempererat hubungan antar sesama dalam komunitas sekolah. Semangat untuk menjelajahi dan menghargai keindahan Jogja akan terus membawa inspirasi bagi mereka dalam menjalankan tugas pendidikan di masa depan.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Petualangan Budaya: Bapak, Ibu G...
Pada Jumat, 12 Januari 2024, para guru dan staf SMKN 1 memulai...
Pentas Seni Aksara SMKN 1: Mengg...
Pada Selasa, 6 Februari 2024, SMKN 1 menggelar acara pentas se...
Bapak Wikan Sakarinto, ST., M.Sc...
Pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2023, SMKN 1 Probolinggo ke...
Walikota Habib. Dr. Hadi Zainal ...
Walikota Habib. Dr. Hadi Zainal Abidin, S.Pd., M.M., M.HP. men...
Tren Terkini Metaverse: Kelas Ax...
Probolinggo, 29 September 2023 – Axioo Sentra Digital (AS...
Museum Dr. Moh. Saleh, Potret Pe...
PROBOLINGGO, SINXAPRO – Dr. Moh. Saleh merupakan dokter p...

Download App Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Hubungi kami di : 0335421121

Kirim email ke kamismkn1_probolinggo@yahoo.co.id