KEGIATAN MEMBATIK KELAS XII

PROBOLINGGO – Puluhan siswa SMKN 1 Probolinggo antusias dalam mengikuti kegiatan membatik yang diselenggarakan oleh sekolah, Jumat (15/3). Mereka tidak hanya mendapatkan materi seputar batik, namun juga bisa terjun langsung dalam proses pembuatan batik di atas kain putih berukuran 3 meter.

Ketua Desain dan Produksi Batik, Ida Marhaeningsih, S.Pd, mengatakan “Kegiatan membatik ini merupakan pengalaman kedua bagi siswa kelas XII SMKN 1 Probolinggo. Kegiatan membatik pertama pada saat siswa kelas X yang hasilnya dijadikan sebagai seragam sekolah, dan kegiatan kedua ini dilakukan pada saat siswa  kelas XII mulai dari jurusan AKL, PKM, BDP, OTKP, dan RPL sebagai nilai Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin 14 Maret 2022 sampai Sabtu 19 Maret 2022.  Mereka yang sudah menginjak kelas XII harus mengikuti kegiatan membatik ini karena hasil batiknya akan dijadikan nilai ujian PKK. Ada beberapa teknik membatik yang diperbolehkan dalam ujian PKK ini meliputi teknik Shibori, Smock, atau Jumputan.

Meskipun kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga siswa juga harus sabar dan telaten.  Menurut salah satu pendamping, Pak Wahyu, dalam satu tim, mereka menyelesaikan satu kain batik itu membutuhkan waktu sekitar 3 jam, yang lama saat menjemur. Namun saat melihat hasil setelah dijemur para siswa menjadi kagum karena ternyata hasilnya sangat bagus sekali. “Kami merasa kegiatan membatik ini menyenangkan bahkan begitu kain batik selesai dilorot, kami takjub melihat hasilnya yang semula seperti aneh dan kotor berubah menjadi corak yang indah” ujar Abdul Rahman dan Satria Aji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.